09 Jan
09Jan

RBSI – Di sebuah organisasi dan perusahaan yang berniat untuk melaksanakan penerapan dan implementasi sistem manajemen lingkungan ISO 14001 adalah sebuah organisasi yang berkeinginan mengurangi, meminimalisir dari dampak pencemaran lingkungan disekitarnya. Di sistem manajemen lingkungan ISO 14001 akan memberikan informasi bagaimana sebuah organisasi dapat mengidentifikasi secara sistematis serta mengelola risiko lingkungannya dengan demikian organisasi diharapkan mampu menjaga dan melindungi lingkungan secara komprehensif serta dapat mengurangi keluhan dari masyarakat sekitar jika ada komplain.

Pada saat penerapan dan implementasi sistem manajemen ISO 14001 ini ada beberapa organisasi dan perusahaan yang tidak lancar saat menjalankan sistem ini, ada beberapa kendala diantaranya adalah manajemen kurang melakukan sosialisasi kepada karyawan terhadap sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2015. Dari top manajemen tidak memberikan dukungan sehingga berdampak kepada motivasi karyawan dan staff pada saat melaksanakan sistem yang berjalan. Dengan kurangnya kesadaran dari staff dan karyawan terhadap lingkungan tidak akan bertambah disebabkan masih banyak perusahaan dan organisasi yang belum sadar akan manfaat sistem manajemen ISO 14001:2015 serta budaya disebuah organisasi terhadap pengelolaan lingkungan yang masih minim, biasanya akan terlihat dengan perilaku karyawan dan staff di organisasi yang masih kurang perduli terhadap pengelolaan lingkungan.

Manfaat Sertifikasi ISO 14001

Manfaat Sertifikasi ISO 14001

Sesuai dengan peraturan
Di dalam sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2015 disyaratkan untuk mengidentifikasi peraturan perundang-undangan dan persyaratan lain serta mengambil tindakan. Sehingga dapat memastikan bahwa perusahaan mengikuti peraturan yang berlaku. Dan juga terjamin serta terhindar dari sanksi dan tindakan melanggar hukum.

Dapat Meningkatkan Image Positif Perusahaan
Bagi organisasi yang telah menjalankan, mengimplementasikan dan menerapkan sistem ISO 14001 dan telah mengantongi sertifikasi ISO 14001 berarti telah mengikuti kepatuhan dan kewajiban persyaratan lingkungan, dengan demikian dapat menjadikan organisasi dan perusahaan lebih menarik lagi dari para calon pelanggannya dan para stakeholders. Dengan demikian akan terbuka kesempatan lebih besar didalam mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak dikarenakan ada sebuah jaminan dari perusahaan dan organisasi yang dapat mengatasi potensi operasional yang terhenti karena disebabkan adanya insiden di lingkungannya.

Operasional lebih efektif
Prosedur yang terkait pada Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 dapat membantu perusahaan bekerja lebih efektif dan teratur dalam pengendalian pencemaran, mengevaluasi pengelolaan lingkungan, efisiensi pemakaian sumber daya, meningkatkan komunikasi di internal maupun eksternal perusahaan.

Dapat menekan biaya operasional
Dengan sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2015 ini organisasi dan perusahaan harus bisa mengidentifikasi aspek lingkungan, misal limbah, diharapkan dapat melakukan pengurangan terhadap limbah. Secara otomatis dengan limbah yang berkurang dapat menurunkan biaya untuk proses pengolahan limbah perusahaan.

Apakah perusahaan dan organisasi anda tertarik untuk memiliki sertifikasi ISO 14001? Tentu saja masih banyak keuntungan dan manfaat lain dari sertifikasi ISO 14001. Segera hubungi RBSI untuk mendapatkan bimbingan di dalam mendapatkan Sertifikat ISO 14001 dengan proses cepat, mudah dan harga terbaik.