02 Jan
02Jan

RBSI – Sasaran mutu didalam organisasi yang menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 merupakan bagian yang paling krusial dan yang paling menentukan bagaimana arah organisasi dan perusahaan dalam tenggang waktu 1 tahun kedepan. Pada sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi terkait dengan bagaimana organisasi merencanakan dan membangun sasaran mutu. Berikut beberapa kriterianya :

  • Sasaran mutu harus sesuai dengan kebijakan mutu organisasi

Didalam membuat sasaran mutu harus sejalan dan sesuai dengan komitmen organisasi terhadap sistem manajemen mutu yang dituliskan didalam kebijakan mutu organisasi. Contoh Jika didalam kebijakan mutu ada sebuah komitmen untuk meningkatkan mutu layanan atau produk yang dihasilkan maka organisasi harus membuat sasaran mutu yang terkait dengan peningkatan layanan dan produk tersebut, jadi komitmen dikebijakan mutu nantinya dapat diukur dan dipantau.

  • Sasaran mutu yang dibuat perlu mempertimbangkan konteks organisasi

Didalam membuat sasaran mutu perlu mempertimbangkan isu internal, isu eksternal dan juga pihak yang berkepentingan terkait dengan produk dan jasa pada organisasi, karena konteks organisasi tadi sangat mempengaruhi kinerja organisasi didalam masa – masa yang akan datang sehingga menjadi penting bagi organisasi untuk mempertimbangkan konteks organisasi didalam membuat sasaran mutu.


  • Sasaran mutu harus dibuatkan action plan atau activity plan

Semua sasaran mutu yang telah dibuat harus ada action plan atau activity plan, yang berisi rencana operasional divisi atau departemen bagaimana mencapai sasaran mutu, action plan yang berisi apa, kenapa, siapa, dimana, kapan, bagaimana setiap action plan ini akan dilaksanakan, sehingga action plan yang dibuat nantinya akan berjalan dengan baik.

  • Sasaran mutu harus disosialisasi dan diimplementasikan didalam semua tingkatan di organisasi

Sasaran mutu yang sudah dibuat dan disepakati bersama harus disosialisasikan kepada semua tingkatan didalam organisasi, komunikasi ini penting agar semua karyawan mengerti dan memahami bahwa kontribusi mereka terhadap pencapaian sasaran mutu diorganisasi.

Demikianlah sedikit informasi mengenai sasaran mutu ISO 9001:2015 di Organisasi, semoga bermanfaat.